Mari, bersama Roland BK-5 backing Pak De 5 tahun lagi.

Mengapa bersama Roland BK-5 backing Pak De 5 tahun lagi?

Pada dasarnya, Roland BK5 lebih fleksibel dan lebih memiliki “features to benefits” sebagai peralatan musik pendukung belajar dan mengajar seni dan budaya, bukan hanya sebagai Backing KeyBoard untuk bermain organ tunggal. Mari simak video perkenalannya:

http://rolandindonesia.co.id/produk/aplikasi/0/BK-5

Roland BK-5 merupakan bagian dari Roland BK (Backing Keyboard/Module) series, termasuk Roland BK-3.

Berikut ini adalah salah satu contoh lagu yang diaransemen dan direkam menggunakan Roland BK-5:

Berbagai macam kebutuhan suara2 ethnic penting sudah tersedia, bahkan termasuk suara angklung.

Mengapa Intelligent Arranger Keyboard Roland BK-5?

⦁ Intelligent: Sebagai sarana untuk mengajar dasar teori music bisa langsung praktek.
⦁ Pianist1/2: Sebagai sarana untuk mengajarkan dasar bermain music dengan teknik seperti memainkan sebuah piano.
⦁ Finger Chord: Sebagai sarana untuk mengajarkan teori memainkan CHORD mulai dari TRIAD dasar hingga pengembangannya.
⦁ Basic / Normal Chord: Sebagai sarana untuk mengajarkan teori memainkan CHORD sesuai kebutuhan, misalnya: Power Chord.
⦁ Kemungkinan setting kombinasi: Split, Layer, Left/Right Chord, Full Pianist Mode Chord – sehingga murid bisa lebih dipersiapkan kemahiran permainannya.
⦁ On Bass / Bass Revolving. Untuk memainkan nada bass tidak harus sama dengan root chord.
⦁ 128 polyphony dan 16 + 3 Multitimbral Parts memungkinkan murid lebih leluasa berkarya.
⦁ Style Composer untuk menciptakan irama2 baru atau membuat versi sendiri dari irama2 tradisionil yang sudah ada.
⦁ 8 Part Loop Recording hingga panjang total 136 bar. Ini bisa dipergunakan untuk memicu dan memacu kreativitas murid sekaligus untuk latihan kerja kolaborasi.
⦁ Rekam langsung Audio bertumpuk ulang tanpa batas bisa untuk latihan membangun ide kreativitas dan inovativitas.
⦁ Center Canceller / minus one. Bisa dimanfaatkan untuk pelatihan bernyanyi atau memainkan alat music secara solo / tunggal.
⦁ USB. Imaginasi anda sebagai guru / pendidik adalah batasan kreativitas anda agar para anak didik bisa lebih kreatif lagi atau bahkan justru menjadi para pemalas. Ada konektor untuk USB Flash Memory dan USB agar bisa terhubung ke computer sehingga keyboard Roland BK-5 ini bisa jadi MIDI Keyboard controller atau sumber suara.
⦁ Octave Up/Down bermanfaat untuk mengembangkan batas jumlah tuts yang kelihatannya hanya 61 keys ke kiri dan ke kanan.
⦁ Video Out. Sangat bermanfaat untuk mengajarkan lagu2 pelajaran baru dengan gaya KaraOK,.
⦁ Transpose. Sangat berguna untuk merubah nada dasar kunci tangga nada permainan walaupun cara bermainan keyboard tetap sama tidak berubah, tetapi juga bisa dipergunakan untuk mengubah data lagu menjadi kunci lain agar murid bisa berlatih pada tangga nada yang harus dia latih. Harap pergunakan dengan bijak.
⦁ AUX-IN. Memungkinkan Roland BK-5 dipergunakan sebagai sound system praktis untuk menghubungkan langsung HP / SmartPhone ke keyboard menggunakan kabel audio stereo kecil atau melalui Roland GO:MIXER.
⦁ 2 Konektor Headphones. Berguna untuk saat kolaborasi atau pendampingan bersama guru music agar tidak berisik.
⦁ One Touch Play / Setting. Memudahkan permainan keyboard agar saat pergantian suara lebih lancar. Bisa deprogram ulang sesuai kebutuhan.
⦁ Make Up Tools. Untuk mempermudah proses saat kita perlu mempercantik irama atau lagu yang sudah jadi.
⦁ Dengan menggunakan pedal optional Roland DP(damper pedal)-series dan Roland EV(expression volume)-series, kita bisa mengkontrol expresi volume suara / efek seperti WAH dll, Glide, Sustain, dll.
⦁ Dengan fasilitas SMF, mp3/WAV, mp3+CDG – Roland BK-5 menjadi perangkat pustaka lagu dan suara untuk mengajar dan belajar di dalam kelas.
⦁ SlideShow. Bisa untuk presentasi.
⦁ Music Assistant. Bermanfaat untuk bermain: Berpacu dalam ……. Mirip Lagu….
⦁ SMF to Style Converter dalam bentuk software diinstal di PC. Bermanfaat untuk memeras lagu MIDI dan mengolahnya menjadi Style / Irama. Bahkan sebuah Song Style untuk Roland BK-5 yang juga kompatibel dengan semua versi BK dan bahkan E-A7.
⦁ Performance Memory. Bermanfaat untuk menyimpan setiap setting pribadi kita agar saat dibutuhkan tinggal pencet dan bravo langsung OK.
⦁ MIDI IN/OUT. Dengan tambahan MIDI keyboard controller murah praktis dan terhubung dari MIDI OUT keyboard lain tanpa suara tersebut ke MIDI IN Roland BK-5, maka kita sudah punya cara pakai 2 keyboard sekaligus tanpa mengganggu setting sound system yang sudah ada.
⦁ Roland BK-5 sebagai idea center. Dengan tambahan Roland GO:MIXER PRO (yang tidak / kurang mampu bisa menggunakan mixer2 China yang jauh lebih murah tetapi tetap bisa dipergunakan dengan Roland BK-5) dan sebuah Mikrofon bahkan semi gitar akustik dll, Roland BK-5 dengan mudah bisa jadi pusat dari sebuah studio workstation. Sayang waktu di Lampung tidak di video.
⦁ Dll, dll. Hanya imajinasi kitalah yang membatasinya.

Berikut ini adalah bonus tips & no trick yang diharapkan bisa anda ambil positifnya dan buang negatifnya: mohon maaf suaranya kecil sekali, jadi perlu penyesuaian dan jangan lupa kembali kecilkan lagi sesuai kebutuhan agar tidak kaget.

Harap sesuaikan volume suara.

Laporan training / pelatihan peralatan seni dan budaya di Kalianda dan Merbau Mataram – Lampung.

⦁ Tingkat kesulitan sinyal operator HP bisa sebagai salah satu tanda bahwa kedua daerah ini layak untuk mendapatkan bantuan.
⦁ Salut dengan Pak Frans yang memfollow up proses bantuan Presiden ini apalagi saat di Kalianda ada 2 sekolah yang tidak ada perwakilannya dan beliau langsung menindaklanjuti dan mewajibkan kehadiran wakil guru SD yang bertanggung jawab mengajar seni dan budaya serta music untuk hadir di Merbau Mataram.
⦁ Sangat disayangkan masa2 kejayaan Technics dan Roland tidak berlanjut sebaik terutama dengan dominasi Technics di Sumatera sehingga Yamaha dan KORG sekarang sudah terlanjur menguasai pasar. Padahal, hanya Roland yang memiliki kemampuan bisa program irama sendiri hingga total 136 birama dan tanpa mengharuskan setiap bagian instrumentasi memiliki jumlah / panjang birama yang sama persis. Artinya, untuk seorang musisi bisa lebih bebas berkreasi. Bahkan merekam audio/suarapun bisa ditimpa berulang kali hingga memory USB stick habis.
⦁ Pendidikan dan edukasi pasar sangat penting sekali kalau kita mau kembali menguasai pasar Sumatera.
⦁ Apapun merk nya dan apapun barang nya, bagi seorang penjual tangguh pasti ada pembelinya. Dan kalau belum ada pembelinya, sebagai seorang marketer tidak ada cara lain kecuali menciptakan kebutuhan akan produk dari merk tertentu tersebut. Dan mari, bagi Indonesia lebih baik lagi – bantu masyarakat musikal Indonesia lebih kenal produk agar bisa berkarya lebih baik lagi – bukan lagi hanya mempermasalahkan “harga” saja. Terima kasih buat PT Citra Intirama yang sudah mengirim PSW ke Lampung setelah entah berapa dekade sudah tidak keliling bantu buat musisi Indonesia lebih pintar, pandai dan smart.

Foto2 acara: harap follow IG NalarMusikal dan Twitter PSWmusik – Terima kasih.

Berikut adalah contoh bagaimana seorang anak kecilpun bisa belajar berkreasi menggunakan Roland BK-5:

Masih polos dan tanpa persiapan, tapi FUN buat anak kecil sedang takut di video. Hahahaha.

Salam hidup musical dan semoga bermanfaat bagi music dan musisi Indonesia lebih baik lagi lewat peranan PT Citra Intirama.

PAULusSANtoso.com Widjaja for music with passion.

Tinggalkan Balasan