Piano Akustik vs Piano Elektronik / Elektrik

Pada dasarnya, setiap bagian dari suatu piano akustik harus mengikuti hukum2 akustik – sehingga:

  1. Bentuk harus lebih besar.
  2. Diperlukan biaya pemeliharaan lebih: Stem piano, gangguan cuaca, dll.

Sedangkan piano elektrik tidak harus sebesar dan seberat piano akustik, tetapi masih tetap membutuhkan pemeliharaan extra untuk bagian akustiknya: senar dan mekanisme. Keuntungannya, sudah mulai bisa menjadi “silent piano” atau piano bisu walaupun jumlah variasi pilihan suara sudah lebih dari hanya satu macam.

Tetapi, piano elektronik sebenarnya bisa dalam bentuk apapun – bahkan sebuah iPAD. Permasalahannya adalah manusia sudah lebih terbiasa dengan bentuk piano. Jadi, walaupun dalam bentuk piano, tetapi suara terpilih tidak harus piano. Bahkan, sayapun dengan menggunakan gitar elektrik saya dan Boss GP-10 dihubungkan ke laptop musikal saya juga bisa bermain piano. Kalau mau kursus atau belajar yang aneh2 sekitar teknologi permusikan silahkan hubungi saya, sementara kita fokus pada perkenalan dengan Roland Piano.

Mengapa lebih baik Roland Piano?

  1. Roland tidak pernah mau membuat peralatan musik akustik karena sudah sangat mengerti begitu banyak sekali permasalahannya.
  2. Sekalipun Fender Rhodes electric Piano diakuisisi oleh Roland dari Leo Fender, tetapi Roland tidak mau meneruskan teknologi elektriknya. Mengapa? Walaupun permasalahan sudah lebih sedikit – tetapi masih cukup banyak karena masih menggunakan reeds / rotan sebagai ganti senar yang tetap harus di tala satu persatu. Rhodes Piano kemudian menjadi generasi Roland Stage Piano dengan seri RD yang seakan singkatan dari Rhodes Digital Piano.
  3. Bagaimana dengan perkembangan piano elektronik Roland yang lain? Ada HP-series atau Home Piano series, EP-series atau Electronic Piano series untuk pemula, FP-series atau Fortable oops Portable Piano series yang adalah hybrid antara RD-stage piano dengan HP-home piano. Dan masih ada RP-series atau Roland Piano series dengan finishing lebih elegan. Lebih high end lagi ada RG-series atau Roland Grand piano series.
  4. Buat yang suka protes melulu (“,) dan banyak komentar, Roland menyediakan Roland Virtual Piano yang bisa anda “tweak” alias oprek abis dah bahkan sampai botak seperti saya. Hahahaha. Mengapa? Hampir semua parameter piano kecuali hardware nya bisa anda setel dan program sendiri.

Nah, berikut ini adalah contoh seri Roland Piano RP-102 untuk di rumah buat para pecinta finish kayu alami dari Indonesia.

Mari memanfaatkan teknologi Roland dengan motto: We design the future.

Untuk informasi lebih lanjut …………… click.

Silahkan kunjungi dealer resmi Roland terdekat di kota anda, ini daftar toko / retail outletnya:

Daftar Dealers | Citra Intirama | Distributor Alat Musik dan Pro Audio Terbesar di Indonesia http://bit.ly/RolandDealersIndonesia

Dan kalau anda masih menginginkan merk Roland tetapi dengan harga lebih ekonomis lagi? Silahkan click ini.

Salah hidup musikal dari editor Roland Indonesia NewsLetter:

PaulusSANTOSO.com Widjaja (PSW) for Musical Solution with passion.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

WordPress spam blocked by CleanTalk.